7 May 2018

Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan ( DPLK )

Posted by bisnis online under: BERITA TERBARU; PROPERTI .

Pengertian

Menurut Undang-undang No. I I tahun 1992, Dana Pensiun merupakan badan hukum yang mengelola dan menialankan program pensiun, yang secara tegas memisahkan antara kekayaan dana pensiun dengan kekayaan pendirinya. Dari jenisnya, Dana Pensiun terdiri dari Dana Pensiun Pembri Kerja (DPPK) dan Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

 

dana pensiun

dana pensiun

Ada tiga perbedaan antara DPPK dengan DPLK yaitu : pertama, DPPK dibentuk Oleh perusahaan pemberi kerja / perusahaan yang memperkerjakan karyawan sedangkan DPLK dibentuk dan dikelola Oleh perusahaan asuransi jiwa atau bank; kedua, DPPK menyelenggarakan program pensiun iuran pasti / manfaat pasti sedangkan DPLK hanya mcnyelenggarakan program pensiun iuran pasti; ketiga, peserta DPPK adalah karyawan dari pemberi kerja perusahaan yang bersangkutan sedangkan peserta DPLK adalah karyawan perusahaan atau pekerja mandiri.

 

Ada beherapa kelebihan DPLK dibandingkan dengan DPPK antara Iain : pertama, iuran dari karyawan akan mcngurangi pajak penghasilan ( pph 21) kedua, iuran perusahaan untuk karyawan dianggap scbagai biaya sehingga akan mengurangi pajak pcnghasilan badan ( Pph 25 dan ketiga, akumulasi iuran dan hasil investasi milik pesertaterbebas dari pajak ( Pph 23 ) selama kepesertaan karena bukan obyek pajak sehingga dapat berkembang maksimal.

 

Persyaratan kepersertaan program pensiun DPLK meliputi : pertama, telah bekerja dan usia minimal 18 tahun / telah menikah; kedua, menentukan besarnya iuran yang akan disetor sebesar I 20 persen dari gaji per bulan atau menyetor sejumlah tertentu untuk pekerja mandiri; ketiga, menentapkan usia pensiun normal (UPN) antara usia 50 sampai dengan 65 tahun.

Manfaat pensiun diberikan pada saat peserta pensiun atau tidak bekerja lagi_ Cara pembayaran manfaat pensiun ada beberapa ketentuan yang berlaku :

 

1.       Jika manfaat pensiun kurang dari RP 36 juta, dana dapat diambil sekaligus atau dibelikan anuitas

2.       Jika manfaat pensiun sama dengan / lebih dari RP. 36 juga, dana yang dapat diambil maksimal 20 % dan 80 % sisanya dibelikan anuitas atau kalau tidak diamhil 100 % dibelikan anuitas.

Anuitas merupkan suatu rangkaian pemhayaran yang dilakukan secara berkala dalam jumlah yang sama selama Seumur hidup ( setelah pensiun Jika anuitan / peserta meninggal dunia akan diteruskan kepada istri /suami atau anak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Manfaat pensiun Yang menjadi hak peserta program pensiun adalah sejumlah iuran yang telah mereka bayarkan ditambah hasil pengembangan dana iuran yang mereka setorkan tersebut setelah dikurangi dengan provisi pengelola dan dan pajak penghasilan. Besarnya hasil pengembangan dana setiap peserta dapat berbeda meskipun jumlah iurannya besamya sama.

Hal im mengingat bahwa dalam mengikuti program pensiun DPLK terdapat beberapa jenis investasi Yang setiap peserta bebas menentukannya. lenis investasi tersebut meliputi antara lain l, Dana deposito rupiah, 2_ Dana deposito dollar, 3. Dana berorientasi saham, 4. Dana berorientasi penghasilan tetap, 5, Dana berorientasi syariah,

Jenis Program Pensiun

 

Secara garis besar program pensiun dapat dibcdakan menjadi dua jenis yaitu Yang pertama adalah program pensiun Yang sclcnggarakan Oleh pemerintah Yang dalam hal ini pelaksanaannya dikelola oleh PT Taspen ( Tabungan dan Asuransi Pensiun Pegawai Negeri ).

Sedang program pensiun jenis Yang Iain adalah Yang diselenggarakan Oleh swasta baik Yang secara langsung ditangani sendiri oleh perusahaan Yang mempekerjakan karyawan Yang dikenal dengan nama Dana Pensiun Pemberi Kerja ( DPPK ), maupun Yang pengelolaannya diserahkan kepada perusahaan lembaga keuangan Yang mengkhususkan usaha menangani program pensiun Yang pesertanya bersifat terbuka baik dari karyawan perusahaan maupun dari pekerja mandiri Yang dikenal dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan ( DPLK ).

 

Sesuai dengan namanya maka Yang menjadi anggota program pensiun Yang diselenggarakan pemerintah adalah pegawai pemerintah yang meliputi Pegawai Negeri Sipil dan ABRI. Sedangkan peserta program pensiun swasta adalah mereka yang bukan termasuk dalam pegawai pemerintah, meskipun pegawai pemerintah juga masih diperbolehkan mengikuti program pensiun Yang diselenggarakan oleh swaswa.

Dana Pensiun Pemberi Kerja pesertanya adalah mereka Yang bekerja pada perusahaan Yang menyelenggarakan program pensiun bagi karyawannya. Sehingga peserta program pensiun Dana Pensiun Pemberi Kerja ini bersifat ekslusif karena masyarakat umum tidak dapat menjadi peserta program pensiun ini. Sedangkan jenis terakhir Dana Pensiun Lembaga Keuangan pesertanya hersifat terbuka artinya siapapun dapat menjadi pesertaprogram pensiun yang diselenggarakan Oleh lembaga keuangan yang menawarkan program pensiun selama memenuhi persyaratan yang ditentukan

Keuntungan Mengikuti Program Pensiun DPLK

 

Mengikuti program pensiun Dana Penslun Lembaga Keuangan memberikan keuntungan baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan.

Keuntungan Bagi Perusahaan

  1. Dapat melaksanakan program pensiun secara langsung, tanpa harus mendirikan dana pensiun sendiri.
  2.   Besarnya iuran flesibel sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan
  3. Usia pensiun normal dapat disesuaikan dengan peraturan perusahaan.
  4. Iluran perusahaan untuk program pensiun karyawan dapat mengurangi beban pajak penghasilan badan ( PPh 25 denganpembebasan iuran dana pensiun dari beban pajak penghasilan badan diharapkan merangsang perusahaan menjalankan program pensiun hagi karyawannya. 
  5. menjadi daya tarik dalam mempertahankan dan menarik karyawan yang berkualitas.

Keuntungan bagi karyawan

  1. luran dibukukan langsung alas narna karyawan
  2. Dapat menentukan paket investasi sesuai dengan keinginannya
  3. Dapat menambah iuran sendiri jika dikehendaki
  4. Tetap mendapat penghasilan pada Saat pensiun
  5. luran yang dibayarkan dapat mengurangi pajak penghasilan ( PPh 21)

Keuantungan bagi masyarakat

1.      Menciptakan sumber dana baru yang bersifat jangka panjang untuk membiayai pembangunan. Meningkatkan pendapatan dari fee based income. Deng-an menyelenggarakan program pensiun. Dana Pensiun Lembaga Keuangan maka bank atau asuransi jiwa akan mendapatkan penghasilan dari jasa pengelolaan dana peserta program pensiun.

 

3.   Membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di hari tua.  Dengan adanya program pensiun yang diikuti oleh para karyawan dan pekerja mandiri akan mendukung meningkatnya taraf hidup masyarkat, karena pada masa purna tugas mereka mendapatkan pendapatan tetap setiap bulannya. Dengan penghasilan tetap ini maka mereka akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa harus menggantungkan pada belas kasihan keluarga atau pihak lainnya.

Sumber: cekkembali

 

 

Comments are closed.

Kategori Bisnis Online Terbaik