18 July 2018

Do and Don’ts Dalam Membeli Mesin Absensi Fingerprint!

Posted by bisnis online under: BISNIS; TEKNOLOGI .

Do and Don’ts Dalam Membeli Mesin Absensi Fingerprint! Mencari mesin absen yang cocok dan sesuai kebutuhan merupakan hal yang gampang-gampang susah. Yang sering terjadi saat ini adalah banyak orang hanya tergiur harga murah saja tanpa mengetahui bagaimana konfigurasi dan implementasinya pada jaringan perusahaan Anda. Belum lagi dengan software dan keamanan sistemnya.

Mesin Absensi Fingerprint

Mesin Absensi Fingerprint

Resiko yang bisa ditimbulkan dari implementasi sistem absensi yang asal-asalan ialah terjadinya manipulasi data yang bisa menyebabkan kerugian baik materi maupun non-materi pada perusahaan. Tidak mau mengalami hal seperti ini, bukan? Untuk itu baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai mesin absensi sebelum Anda membelinya.

Sebelum membeli mesin absensi fingerprint sebaiknya?

Perlu diingat, membeli mesin absensi tidak sama seperti halnya kita membeli televisi, yang tinggal colok lalu bisa dipakai. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mesin absensi seperti:

  • Anggaran

Berapa besar jumlah anggaran yang bersedia Anda keluarkan untuk kebutuhan sistem absensi. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga mesin absensi yang murah ataupun bersikap skeptis terhadap mesin absensi yang relatif lebih mahal. Pelajari dan bandingkan beberapa brand mesin absen terlebih dahulu, bagaimana kredibilitasnya, serta kualitas produk dan layanannya juga.

Terutama bila Anda membeli mesin absen pada merchant online di situs jual-beli, jangan ambil keputusan sebelum Anda memastikan bahwa brand tersebut memiliki layanan purna jual yang terpercaya. Sebagai pembeli pasti kita tidak ingin merugi karena dapat barang yang tidak berkualitas, bukan?

  • Jumlah karyawan

Bila Anda telah menentukan besaran anggaran untuk kebutuhan sistem absensi, sekarang pastikan berapa jumlah karyawan di perusahaan Anda. Masih berkaitan dengan anggaran, biasanya harga mesin absensi bervariasi tergantung dari kapasitas sidik jari yang mampu ditampungnya.

  • Jumlah kantor/cabang dan luas area

Apakah perusahaan Anda memiliki lebih dari satu cabang? Bagaimana Anda ingin mengolah absensi karyawan yang ada? Bila Anda ingin mengolah absensi secara terpusat, maka disarankan untuk menggunakan mesin absensi yang sama pada tiap cabang. Hal ini untuk memudahkan integrasi data pada sistem absensi tersebut.

Luasan area perusahaan juga bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan berapa jumlah mesin absensi yang dibutuhkan untuk memudahkan absensi karyawan dan menghindari antrian absensi yang menumpuk.

  • Infrastruktur dan SDM

Bila perusahaan Anda ingin suatu layanan absensi yang lebih efisien, saat ini sudah tersedia sistem absensi dengan menggunakan teknologi cloud. Hal ini tentu saja harus dibarengi dengan kesiapan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan layanan tersebut agar optimal dan berjalan lancar tanpa hambatan seperti jaringan internet, hardware yang mumpuni.

Terlepas dari teknologi absensi apapun yang Anda gunakan, pastikan ada satu atau dua SDM yang ditugaskan untuk mengelola sistem absensi ini. Paling tidak tempatkan satu orang untuk melakukan tugas ini di tiap cabang Anda.

  • Peraturan absensi dan jam kerja karyawan (pergantian shift)

Terakhir dan yang paling penting, tentukan peraturan apa saja terkait absensi yang ingin atau sudah Anda terapkan di perusahaan. Mesin absensi modern biasanya sudah sepaket dengan software absensi dan penggajian yang bisa Anda gunakan untuk rekap absensi tiap bulannya. Untuk memudahkan proses konfigurasi ini, pastikan juga pembagian jam kerja (shifting) yang berlaku agar pencatatan absensi pada mesin dan software lebih akurat.

Comments are closed.

Kategori Bisnis Online Terbaik