1 March 2018

Hati-hati! Beginilah Kasus Penipuan Mandiri E-Cash

Posted by bisnis online under: BERITA TERBARU; TEKNOLOGI .

Perkembangan teknologi yang pesat hendaknya membuat anda lebih waspada termasuk untuk menghindari penipuan mandiri e-cash. Ya, perkembangan jaman memang membawa perubahan yang begitu signifikan bagi perkembangan teknologi. Dan tentunya hal ini juga berpengaruh pada berbagai aktivitas masyarakat. Salah satunya ialah dalam melakukan transaksi.

Hasil gambar untuk mandiri e cash

Mandiri e-cash

Adanya perubahan teknologi membawa perubahan cara masyarakat dalam bertransaksi dan hal ini juga semakin memudahkan masyarakat. Akan tetapi perlu anda ketahui pula bahwa hal ini justru mampu menimbulkan celah yang cukup besar bagi oknum yang ingin berbuat curang. Salah satu kasus kecurangan transaksi akibat perubahan teknologi yang kini sedang marak terjadi adalah terjadinya penipuan pada Mandiri e-cash.

Mandiri e-cash adalah satu teknologi yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri dalam rangka untuk memudakan masyarakat atau nasabah bank Mandiri dalam melakukan transaksi. Mandiri e-cash ini hadir untuk memudahkan berbagai jenis pembayaran yang dilakukan. Mandiri e-cash ini berlaku sebagai uang elektronik yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online mulai dari pembayaran tagihan listrik, transfer, pembayaran merchant, dan lain sebagainya.

Akan tetapi dalam perkembangan yang pesat dan memudahkan transaksi masyarakat ini ternyata juga memberikan peluang atas tindakan penipuan. Maka tak ada salahnya Anda mengetahui seperti apa modus operandi dari kasus penipuan ini dengan harapan Anda bisa menghindari hal yang merugikan seperti ini. Informasi kasus penipuan ini bahkan bisa anda akses pada website resmi mandiri e-cash untuk dapat mengetahui secara lebih lengkap dan lebih detail.

Kasus penipuan pertama bisa dilakukan dengan pura-pura melakukan panggilan telepon sebagai pihak bank untuk menanyakan identitas diri korban. Cara ini termasuk cara penipuan yang umum dilakukan. Dimana oknum akan berpura-pura menjadi costumer service yang menanyakan identitas pribadi korban. Apa pula yang berinovasi yaitu dengan mengirimkan emailĀ  dengan alamat email yang terlihat begitu meyakinkan.

Sehingga tak heran bila korban akan percaya bila kurang jeli dalam memperhatikan. Perlu anda ketahui bahwa siapa pun yang langsung menanyakan data diri Anda merupakan satu hal yang mencurigakan baik untuk sebuah undian berhadiah, maupun untuk berbagai kepentingan yang lain.

Kemudian untuk kasus penipuan yang kedua bisa dilakukan dengan melakukan isian data survey palsu untuk mencuri informasi terkait identitas pribadi korban. Umumnya isian data survey ini akan didasarkan pada para korban yang memiliki dan menggunakan credit card maupun debit card. Karena memang identitas pribadi korban yang bocor akan bisa langsung digunakan untuk melakukan transaksi tanpa sepengetahuan korban.

Perlu Anda ingat dan ketahui bahwa pihak penerbit kartu kredit tidak akan pernah sama sekali menanyakan identitas pribadi apalagi yang bersifat rahasia selama pembuatan credit card atau kartu kredit. Kemudian kasus yang ketiga umumnya penipuan akan dilakukan dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture atau EDC palsu untuk memindai data kartu elektronik Anda. Aksi seperti ini dikenal dengan sebutan skimming yaitu pencurian data yang dilakukan dengan menggesek kartu saat akan melakukan pembayaran.

Umumnya kasus ini terjadi saat Anda melakukan transaksi jual beli online dan penjual meminta alat pembayaran non tunai dengan membawa mesin EDC sendiri. Maka anda perlu ragu bila ada perorangan yang memiliki mesin EDC pribadi karena bisa jadi hal ini dilakukan untuk menyalin data pribadi Anda. Fokus paling penting dari beberapa modus operandi penipuan diatas ialah dimana Anda harus waspada saat ada yang meminta data diri Anda untuk kepentingan apapun.

Comments are closed.

Kategori Bisnis Online Terbaik